Kamis, 16 April 2020

Bahasa Inggris - THIS is dan THAT is


Good Morning, student 😄
How are you today ? Sebelum memulai materi, baiknya kita awali dengan cuci tangan dan berdoa dulu yuk. Agar kita semua selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Aamiin.
Nah, mari kita lanjutkan materi minggu sebelumnya.
Hari ini kita lakukan praktik dengan tema THIS is dan THAT is ya. Seperti apa penggunaan kata THIS dan THAT? Yuk lihat lagi video penjelasan singkat penggunaan kata THIS is dan THAT is. Perhatikan cara penunjukkannya ya.
Video Referensi klik link ini
Ingat rumusnya, This digunakan untuk menunjuk benda yg kamu pegang/ada didekatmu. That is digunakan untuk benda yang agak jauh dari tempatmu. Nah, bagaimana ? Sudah paham bagaimana penggunaan kata THIS is dan THAT is? Kalau begitu ayo mulai lakukan!

Pertama, siapkan buku tulis (dalam Bahasa inggrisnya BOOK), pegang buku tersebut ditanganmu.
Lalu, siapkan tempat pensil (dalam Bahasa inggrisnya PENCIL CASE), letakkan agak jauh dari tempatmu.
Kemudian, ayo tentukan !
💭 Menurut kamu. jika buku yang ada di tanganmu, kamu ucapkannya This is book atau That is book, ya?
💭 Terus, jika tempat pensil yang ada jauh dari tempatmu itu di ucapkan This is Pencil case atau That is Pencil case, ya?
Bagaimana? Sudah ketemu belum jawabannya?
Jika sudah, rekam dirimu saat mengucapkannya ya 😄

Caranya gimana?
Misalnya, saat kamu pegang buku ditanganmu dan menurut kamu buku yang ada ditanganmu diucapkan dengan This. Ucapkan dengan keras “This is book.” sambil tunjukkan buku ditangamu.
TAPI jika menurutmu buku yang ditanganmu diucapkan dengan That, maka ucapkan dengan keras “That is book.” sambil tunjukkan buku ditangamu ya. Ingat, setiap menunjukkan benda, pilih salah satu kalimat saja ya 😉
Nah sama halnya untuk pencil case. Saat kamu menunjuk tempat pensil yang agak jauh dari kamu dan menurutmu diucapkan dengan This. Ucapkan dengan keras “This is pencil case.” sambil tunjuk tempat pensilnya yang jauh.
Tapi jika menurutmu tempat pensil yang ditanganmu diucapkan dengan That, maka ucapkan dengan keras “That is pencil case.” sambil tunjuk tempat pensilnya yang jauh.
Seperti itu ya. DAN INGAT SEKALI LAGI, setiap menunjukkan benda, pilih salah satu kalimat saja ya 😉

Jangan lupa kasih lihat hasil praktik mu ke ibu lewat  link ini 

Previous Post
Next Post

0 comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Selamat #BelajarDariRumah Salam hangat buat Ayah dan Bunda, Semoga Ananda beserta keluarga senantiasa dalam lindunganNya.